Pemegang Saham Wuling Motors Indonesia

PT . SGMW Indonesia

PT.SGMW Adalah Gabungan Dari 3 Perusahaan Besar SAIC (Shanghai Automotive International Corporation) GM (General Motors) & Guangxi Automoile Group (Wuling). Dalam Ekuitas saham SAIC adalah pemegang saham paling besar yaitu 50,1%, dan yang kedua di pegang oleh GM dengan saham sebesar 44%, dan pemegang saham yang terakhir adalah Guangxi Automobile Group yaitu dengan saham sebesar 5.9%

Profil Perusahaan Pemegang Saham PT.SGMW Indonesia

Shanghai Automotive International Corporation

SAIC Motor Corporation Limited secara informal SAIC, secara resmi (Shanghai Automotive Industry Corporation ) adalah salah satu dari tiga besar produsen mobil Republik Rakyat Tiongkok

SAIC berpartner dengan General Motors untuk menampilkan GM Shanghai dan Pan-Asia Technical Automotive Center, dan juga memiliki 20% dari Chery, sebuah produsen mobil Cina lainnya. SAIC dan berpartner dengan Grup Volkswagen dalam membentuk Grup Volkswagen China.

General Motors Company

General Motors Company, juga dikenal dengan GM, adalah sebuah perusahaan otomotif multinasional yang bermarkas di Pusat Renaisans di Detroit, Michigan,  Amerika Serikat yang mendesain, membuat, memasarkan, dan membangun kendaraan dan suku cadang, dan menyediakan layanan pembiayaan. Perusahaan saat ini, General Motors Company LLC (“GM baru”), sejak tahun 2009 setelah pailitnya  General Motors Corporation  (“GM Lama”), yang menjadi Perusahaan Likuidasi Motor. Perusahaan baru mengakuisisi aset intelektual GM lama, termasuk merek “General Motors”.

General Motors memproduksi kendaraan di 37 negara dalam, yaitu Chevrolet, Buick, GMC, Cadillac, Holden, HSV, Opel, Vauxhall, Wuling, Baojun, Jie Fang, dan Ravon.

Selain dua merek, General Motors juga memiliki 20% saham di IMM dan 77% saham di  GM Daewoo. Perusahaan ini juga memiliki beberapa usaha patungan (bahasa Inggris : usaha bersama), termasuk GM Shanghai, SAIC-GM-Wuling dan FAW-GM di Tiongkok, GM-AvtoVAZ di Rusia, Ghandhara Industries di Pakistan, GM Uzbekistan, General Motors India, General Motors Mesir, dan Isuzu Truck Afrika Selatan. General Motors mencapai 212.000 karyawan dan melakukan usaha di lebih dari 140 negara. General Motors terbagi dalam lima segmen bisnis, yaitu GM Amerika Utara  (GMNA), Kelompok Opel, GM Operasi Internasional (GMIO), GM Amerika Selatan (GMSA), dan GM Financial.

General Motors memimpin penjualan kendaraan global selama 77 tahun berturut-turut dari tahun 1931 hingga 2007, lebih lama dari pabrikan mobil lainnya, dan saat ini termasuk pabrikan mobil terbesar di dunia berdasarkan angka penjualan unit kendaraan.

General Motors beroperasi di kebanyakan gatra di Luar AS through Anak Perusahaan-anak Perusahaan Yang dikuasai sepenuhnya, kecuali di Tiongkok through 10 usaha patungan.

Anak perusahaan GM OnStar menyediakan jasa keselamatan, keamanan, dan informasi kendaraan.

Tahun 2009, General Motors melepas beberapa merek, dengan menutup Saturn, Pontiac, dan Hummer, dan berhasil melakukan reorganisasi yang didukung oleh pemerintah A.S. Tahun 2010, GM yang telah reorganisasi melakukan penawaran umum perdana yang menjadi salah satu dari lima penawaran umum perdana terbesar di dunia hingga saat ini dan mengembalikan profitabilitasnya pada akhir tahun itu.

Pada Maret 2016, General Motors memasarkan Cruise Automation, yang akan digunakan oleh San Fransisco, untuk mengembangkan mobil yang dapat mengemudikan sendiri.

Guangxi Automobile Group

Liuzhou Wuling Automobile Industry Co., Ltd atau Guangxi Automobile Group didirikan tahun 2007 di Liuzhou, Guangxi, China sebagai usaha gabungan dari Wuling Group dan Dragon Hill Holdings Limited (HK0305). Ia melakukan bisnis sebagai Wuling Motors (五菱 汽车) dengan tiga anak perusahaan Liuzhou Wuling Motors United Development Co Ltd , Liuzhou Wuling, Manufacturing Co Ltd Kendaraan-tujuan Khusus dan Liuzhou Wuling Liuji Power Co Ltd , memproduksi mesin kendaraan tujuan khusus, yaitu mobil listrik mini penggerak orang truk dan bus dan suku cadang mobil.

 

Pada tahun 2001, SAIC Wuling Automobile Co. Ltd. didirikan, dengan SAIC-GM-Wuling yang didirikan pada tahun 2002. Ini adalah usaha patungan dengan SAIC Motor dan General Motors.

Kedua perusahaan menggunakan merek Wuling

Video Sejarah Wuling Motors Indonesia